Subscribe to Educational Blog
Subscribe to Educational Blog
free counters

Kategori Penganggur

16.34 Diposting oleh STKIP.YPUP.Makassar
Ada beberapa cara pengelompokan penganggur.
Ada beberapa cara pengelompokan penganggur. Cara pertama berdasarkan alasan mengapa mereka menganggur. Biasanya cara ini mengelompokkan penganggur kedalam tiga kategori :friksional,structural dan musiman.

A. Penganggur friksional

Penganggur friksional (frictional unemployment) adalah mereka yang mengannggur karena mereka sedang dalam proses peralihan dari satu pekerjaan kepekerjaan lainnya. Misalnya seorang berada pada satu perusahaan, karena ingin alih profesi, dia keluar dari pekerjaan tersebut. Selama menganggur dia mengirim surat lamaran dan mencari pekerjaan baru di kota yang di tuju. Selama ia menganggur, dia termasuk dalam kategori penganggur friksional. Oleh karena penganggur jenis ini ada karena kemauannya sendiri untuk keluar dari pekerjaan. Penganggur friksional juga disebut penganggur yang sukarela (volumtary unemployment).

B.Penganggur Struktural

Penganggur structural (structural unemployment) adalah mereka yang berusaha mencari pekerjaan, tapi belum bias mendapatkan karena ketidakcocokan antara keahlian yang dimiliki dengan kebutuhan tenaga kerja yang dicari. Penganggur jenis ini ada bukan karena tidak adanya lowongan pekerjaan, tetapi karena ketidakcocokan keahlian. Misalnya saat dibutuhkan banyak dokter umum untuk ditempatkan diberbagai pelosok tanah air, yang tesedia adalah perawat atau tenaga kerja yang buakn dokter.

C.Penganggur Musiman

Penganggur musiman (cyclical unemployment) adalah mereka yang mencari pekerjaan tetapi belum mendapatkan karena kondisi ekonomi yang sedang mengalami resesi atau dalam kondisi menurun dalam siklus ekonomi sehingga lapangan kerja jarang. Dalam kondisi ini, persaingan tenaga kerja sangat padat.


Kategori PenganggurSocialTwist Tell-a-Friend
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Kategori Penganggur"

Posting Komentar

Ciri Comment yang baik : No Broken Link | Max 150 karakter huruf | 3 karakter smile icon | No Referals link | 1 link page source | Bahasa yang mudah dimengerti | No Spam and Pornography | ----Update Filter comment berlaku---- | Terimakasih
Google
Bagaimana mengubah blog menjadi MESIN UANG yang MEMATIKAN !! Tutorial komplit dilengkapi Software dan Script Siap Pakai
Bagaimana mengubah blog menjadi MESIN UANG yang MEMATIKAN !! Tutorial komplit dilengkapi Software dan Script Siap Pakai

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Subscribe to Gallery Fadli by Email
Undergoing MyBlogLog Verification

Pengikut