Subscribe to Educational Blog
Subscribe to Educational Blog
free counters

PENANGGULANGAN PENGANGGURAN

16.36 Diposting oleh STKIP.YPUP.Makassar
A.Penanggulangan Pengangguran

Jumlah pengangguran tampak terus berkembang dari waktu-kewaktu. Data yang ditujukkan pada table 1 tidak lagi akurat mengingat antara tahun 2003 sampai 2005 terjadi banyak perubahan. Setiap tahun saja sekitar 1,3 juta penduduk tamat sekolah dan masuk bursa kerja.Untuk dapat menyerap tenaga kerja sebanyak itu dibutuhkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Pada tahun 1970-an pertumbuhan ekonomi 1% mampu mnyerap tenaga kerja sebanyak 400 ribu. Untuk saat ini, 1% pertumbuhan ekonomi hanya mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 200 ribu. Denga demikian, diperlukan paling tidak 6,5 % pertumbuhan ekonomi setiap tahun untuk dapat menyerap angkatan kerja baru. Seperti kita ketahui, pertumbuhan ekonomi sejak krisis 1997 selalu dibawah 6%. Dengan demikian jumlah pengangguran terus bertambah.

Menurut Bank dunia (2003),pada tahun 2003 terdapat paling tidak 9,5 juta penganggur penuh dan lebih dari 30 juta setengah penganggur yaitu mereka yang bekerja kurang dari 35 jam seminggu. Tingkat pengangguran pada tingkat ini merupakan yang paling tinggi dibandingkan dengan pengangguran dinegara lain yang terkena krisis seperti Korea Selatan yang hanya 3,7% Thailand 1,5% dan Malaysia 3,4% .

Menurut Bank Dunia, terdapat tiga masalah utama pengangguran, tingkat pengangguran yang tinggi, dampak terburuk pada anak muda dan perempuan dan penurunan pekerja sector formal. Sekitar dua per tiga penganggur adalah angkatan muda. Dan karena sulitnya mencari pekerjaan, banyak dari mereka yang beralih dari sector formal kesektor informal.

Terdapat beberapa program yang bias dikembangkan untuk mengurangi pengangguran seperti dilaksanakan oleh Bank Dunia : menciptakan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan fleksibilitas dan investasi tenaga kerja dan meningkatkan pekerjaan secara langsung.

Bekaitan dengan penciptaan pertumbuhan ekonomi, perlu mendorong laju ekonomi dan menciptakan efek penggandaan. Namun, peningkatan investasi perlu kerja keras karena pemerintah dan masyarakat perlu menciptakan lingkungan yang kondisif untuk usaha. Antara lain, keamanan harus dijamin, adanya kepastian hokum dan kebutuhan infrastruktur terpenuhi.

Berkaitan dengan tenaga kerja, saat ini pengusaha merasa beban yang harus ditanggungnya menjadi berat, khususnya terhadap pekerja yang keluar karena harus memberikan pesangon yang tinggi. Belum lagi produktifitas yang rendah pada sebagian pekerja Indonesia. Pemerintah perlu turun tangn untuk meningkatkan kualitas SDM dan mendorong pengusah agar mengalokasikan dana untuk perkembangan kualitas karyawannya.

Berkaitan dengan penciptaan lapangan kerja langsung, Indonesia telah cukup berpengalaman dalam hal ini. Yang perlu mendapat perbaikan adalah seberapa efektif penciptaan lapangan pekerjaan tersebut yang menyerap tenaga kerja yang benar-benar membutuhkan, seberapa efektif output dihasilkan dari lapangan pekerjaan tersebut, dan seberapa sesuai antara kebutuhan masyarakat dengan lapangan pekerjaan yang tesedia. Bisa jadi, Perlu dilakukan perpindahan penduduk dari kawasan kelebihan tenaga kerja ke kawasan kelebihan teaga kerja.


PENANGGULANGAN PENGANGGURANSocialTwist Tell-a-Friend
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "PENANGGULANGAN PENGANGGURAN"

Posting Komentar

Ciri Comment yang baik : No Broken Link | Max 150 karakter huruf | 3 karakter smile icon | No Referals link | 1 link page source | Bahasa yang mudah dimengerti | No Spam and Pornography | ----Update Filter comment berlaku---- | Terimakasih
Google
Bagaimana mengubah blog menjadi MESIN UANG yang MEMATIKAN !! Tutorial komplit dilengkapi Software dan Script Siap Pakai
Bagaimana mengubah blog menjadi MESIN UANG yang MEMATIKAN !! Tutorial komplit dilengkapi Software dan Script Siap Pakai

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Subscribe to Gallery Fadli by Email
Undergoing MyBlogLog Verification

Pengikut